Header Web
Menu myCMS
 
MENU
POLLING
Polling myCMS
Browser apa yang paling mudah dan sering kamu gunakan untuk browsing?
Internet Explorer
Mozilla Firefox
Opera
Lainnya
Pemilih :55
Lihat Hasil
 
Admin
 
Komen Sampeyan

 

 
ALAT MUSIK

Kendang

Cara Bermain

'''Kendang''', '''kendhang''', atau '''gendang''' adalah instrumen dalam gamelan Jawa Tengah yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Instrument ini dibunyikan dengan tangan, tanpa alat bantu. Jenis kendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendangciblon/kebar. Pasangan ketipung ada satu lagi bernama kendang gedhe biasa disebut kendang kalih. Kendang kalih dimainkan pada lagu atau gendhing yang berkarakter halus seperti ketawang, gendhing kethuk kalih, dan ladrang irama dadi. Bisa juga dimainkan cepat pada pembukaan lagu jenis lancaran, ladrang irama tanggung. Untuk wayangan ada satu lagi kendhang yang khas yaitu kendhang kosek.

 

Kendang, dimainkan hanya dengan menggunakan tangan, tanpa alat bantu lainnya. Ditangan para pemain gamelan professional yang sudah cukup lama menyelami budaya jawa,  kendang  adalah alat musik yang dimainkan dengan menggunakan naluri. Oleh sebab itu, selalu  ada perbedaan nuansa, bunyi,  tergantung kepada orang yang memainkannya.

Jenis gendang meliputi:

  • Gendang bertali dengan salah satu sisinya ditutup dengan kulit kambing, sedang sisi lainnya terbuka dengan sepotong karet selebar 1 cm yang direntangkan pada garis tengahnya; dimainkan dengan tangan kanan memukul permukaan kulit dan tangan kiri memetik karet.
  • Gendang dabos, yang bentuknya seperti rebana dan kedua ujungnya mempunyai lingkaran dengan garis tengah yang berbeda. Lingkaran besar ditutup dengan kulit. Gendang dabos dimainkan dengan memukul permukaannya dengan tangan atau jari.

Kembali

 

 

Footer smtj
Mencoba Melestarikan Kebudayaan di Tengah Globalisasi
Copyright © 2011 All rights reserved by SENI MUSIK TRADISIONAL JAWA
e-mail : smtj_20@yahoo.com